Menuntut Ilmu

Haeruddin Teknologi (Lokasi: Universitas Negeri Malang)
Assalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Alhamdulillah, alhamdulillahi rabbil ‘alamin wabihinasta’in wa’ala umuriddun ya waddin
Asyhadu anla ilaha illallah wahdahu lasyarikalah waasyhadu anna muhadanabduhu warasuluh. Ammaba’ad
Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. dimana pada kesempatan kali ini kita masih diberi nikmat kesehatan dan kesempatan lebih-lebih lagi nikmatil iman wal islam.
Salam serta taslim tak lupa pula kita kirimkan atas junjungan kita Baginda Rasulullah SAW. Beliaulah yang membawa kita dari zaman naik Onta menuju zaman naik Toyota, dari zaman Astagfirullah menuju zaman Alhamdulillah.

Hadirin yang insya Allah dirahmati oleh Allah.

Baiklah hadirin, pada kali ini izinkanlah saya membawakan sebuah ceramah yang berjudul:

"MENUNTUT ILMU"

Dalam sebuah hadist dikatakan :
“THALABUL ‘ILMI FARIDHATAN ALA KULLI MUSLIM”
Artinya : ”Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki dan muslim perempuan”

Hadirin yang insya Allah dirahmati oleh Allah.

Didalam agama Islam kita dianjurkan untuk menuntut ilmu karena tanpa ilmu kita tidak bisa berbuat apa-apa.
Tanpa ilmu kita tidak bisa menulis, tanpa ilmu kita tidak bisa membaca dan yang lainnya, apalagi di zaman modern ini semuanya serba canggih. Dulu jika kita hendak mengirim pesan kepada seseorang, masih melalui surat. Namun karena perkembangan ilmu pengetahuan, hal yang seperti itu tidak terpakai lagi alias udah KUNO.
Saat ini lagi trend yang namanya HP alias Handphone, cuman menghitung detik atau menit pesan sudah sampai, bahkan kita bisa berbicara melalui handphone tersebut.

Hadirin yang insya Allah dirahmati oleh Allah.

            Berbicara masalah teknologi, dewasa ini, teknologi telah merajai dunia, melalui internet kita bisa keliling dunia, kita bisa mencari dan bertanya apa saja di mbah GOOGLE. Begitu canggihnya teknologi, dan itu semua bisa tercipta berkat dari ilmu pengetahuan.
            Oleh karena itu, marilah kita untuk senantiasa menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh karena dengan ilmu insya Allah kita akan selamat dunia dan akhirat, sebagaimana dalam sebuah hadits dikatakan:

MAN ARADADDUN YA FA’ALAIHI BIL ‘ILMI WAMAN ARADALAKHIRAH FA’ALAIHI BIL’ILMI WAMAN ARADA HUMA FA’ALAIHI BIL’ILMI
Artinya : Barang siapa yang menginginkan dunia, maka harus dengan ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan akhirat, maka harus dengan ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka harus dengan ilmu.

Hadirin yang insya Allah dirahmati oleh Allah.

            Tidak ada lagi alasan bagi kita semua untuk tidak menuntut ilmu, maka dari itu saya ingin mengajak kepada hadirin sekalian untuk bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.

Mungkin inilah ceramah yang sempat saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua terutama bagi diri saya pribadi. Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan.
Nuun. WalQalaami Wamaa Yasthurun.
WASSALAMU ‘ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABAROKATUH

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.