Berdakwah

Bismillahi rahmani rahim
ASSALAMU ‘ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

ALHAMDULILLAH-ALHAMDULILLAHI RABBIL ‘ALAMIN WABIHINASTA’IN WA’ALA UMURIDDUN YA WADDIN

ASYHADU ANLA ILAHA ILLALLAH WAASYHADU ANNA MUHAMMADAN ABDUHU WARASULUH. AMMABA’AD


Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT. Dimana pada kesempatan kali ini kita masih diberi nikmat kesehatan, kesempatan, nikmat iman wal islam.Salam dan taslim tak lupa pula kita kirimkan kepada junjungan kita baginda Rasulullah saw. Beliaulah yang membawa kita dari alam gelap gulita menuju alam yang terang menderang dengan kata lain MINADZULUMATI ILANNURHadirin yang insya Allah dirahmati oleh Allah SWT.Pada kali izinkanlah saya membawakan sebuah ceramah yang berjudul :

"BERDAKWAH"

BALLIGU ANNI WALAUAYAHArtinya : "Sampaikanlah meskipun hanya satu ayat"Jadi berbicara masalah dakwah pasti kita semua berfikir bahwa orang yang berdakwah adalah orang yang selalu berceramah diatas podium atau mimbar mesjid. Padahal itu adalah sebuah kesalahan, kenapa? Karena ternyata dakwah terbagi atas dua yaitu:Yang pertama adalah dakwah BILLISAN yaitu dakwah dengan perkataan kita, yang mana itu? Ya seperti saya saat ini, inilah yang dikatakan dakwah billisan atau berdakwah dengan perkataan ucapan.Hadirin yang insya Allah dirahmati oleh Allah SWT.Yang kedua adalah dakwah BILLIHAL yaitu berdakwah melalui perbuatan. Inilah yang kurang dipahami selama ini bahwasanya berdakwah itu hanya dengan perkataan atau ucapan diatas mimbar.Jadi ketika kita melakukan perbuatan-perbuatan yang telah dijelaskan dalam Al-qur’an sebenarnya itu juga merupakan sebuah dakwah. Namun perlu kita ketahui bersama bahwa dakwah billihal inilah yang paling susah dijalankan karena banyak para pendakwah billisan yang selalu berdakwah diatas mimbar ternyata tidak mampu menjalankan apa yang telah ia ucapkan.Sebagai kesimpulan, marilah kita bersama-sama menyampaikan dakwah sekalipun hanya satu ayat dan jika tidak mampu berdakwah diatas mimbar, maka sesungguhnya berdakwah dengan perbuatan itu lebih mulia disisi Allah SWT.Mungkin sampai disinilah ceramah yang sempat saya bawakan, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. Nuun.Wal Qalaami Wamaa Yasthurun.
WASSALAMU ‘ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.